Haii

selamat datang di blog kita, kalau ada yang salah dengan tulisanku tolong dikasih tau ya, kritik dan saran sangat berlaku di sini :)

Rabu, 02 November 2011

Sistem Operasi

Sistem operasi adalah pengelola seluruh sumber daya yang terdapat pada sistem komputer dan menyediakan sekumpulan layanan (system call) yang sering disebut "tools atau utility" berupa aplikasi ke pemakai sehingga memudahkan dan menyamankan pengguna ketika pemanfaatan sumber daya sistem komputer tersebut.



Sistem Operasi dapat didefinisikan juga sebagai berikut.
1. Resource allocator : mengalokasikan dan mengontrol pemakaian resources dari berbagai program/aplikasi.
2. Control Program : Mengendalikan eksekusi user program dan pemakaian sistem resource (contoh: operasi pada I/O device) => handal, reliabel, terlindung.
3. Kernel : sistem program yang berjalan terus menerus selama komputer aktif.

sistem operasi juga perangkat lunak yang bertindak sebagai perantara antara pemakai komputer dan perangkat keras. sistem operasi adalah sistem progra yang penting merupakan landasan dari perangkat lunak" yang lain.
sasaran sistem operasi dalam komputer, yaitu:
1. menjalankan program" dari user dan membantu user dalam meggunakan komputer.
2. menyediakan saraana sehingga pemakaian komputer menjadi mudah (convenient)
3. memanfaatkan perangkat keras komputer yang trbatas secara efisien.

tujuan mempelajari siste operasi adalah agar user dapat merancang sendiri dan memodifikasi sistem yang telah ada sesuai dengan kebutuhan. untuk dapat memilih sistem operasi yang sesuai serta mampu memaksimalkan penggunaan sistem operasi dan agar konsep serta teknik sistem operasi dapat diterapkan pada aplikasi" lain, maka pengetahuan mengenai sistem operasi sangat diperlukan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar